Peranan dan Relevansi Ide/Gagasan
Steve Jobs di Masyarakat
Steve Jobs merupakan tokoh ikonik yang mendunia karena hasil dari
pemikirannya yang sangat mendunia. Steve Jobs tidak pernah mau untuk menjiplak
hal yang telah orang lain keluarkan dan oleh karena penerapan hal tersebut,
saat ini Apple menjadi sebuah perusahaan teknologi yang paling bernilai. Steve
Jobs juga sangat percaya diri ketika ia meluncurkan banyak hal teknologi yang
ia buat, ia merasa bahwa yang ia buat inovasi serta elegansi. Beberapa hal yang
Steve Jobs luncurkan ialah, iMac, MacBook, iPhone, iPad serta iPod.
Produk yang dikeluarkan Steve Jobs menjadi sebuah penemuan modern di
kalangan masyarakat yang tentu sangatlah inovasi dan elegansi sama seperti yang
ia percayai. Dari produk-produk yang dibuat oleh Steve Jobs menjadikan orang
lain yang notabenenya membuat produk yang sama dengan merek yang berbeda
menjadi termotivasi dengan produk-produk yang keluarkan oleh Steve Jobs. Walaupun
saat ini bukan Steve Jobs lagi yang pimpin karena dirinya telah menutup usia,
namun Apple tetap dikembangkan serta menjadi suatu panutan bagi merek-merek
lain dalam hal pebuatan produk teknologi yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat
saat ini.
Ada banyak ide dan filosofi inspirasional dalam biografi Steve Jobs yang
menjadi dasar produk-produk Apple yang hebat. Selama hidupnya, Jobs membuktikan
dirinya sebagai sosok yang tidak kenal lelah untuk mempertahankan idealismenya.
Dia tidak pernah terpengaruh oleh perkataan orang lain. Kalau menurut dia itu
benar, dia akan tetap pada pendiriannya dan berjuang semaksimal mungkin untuk
mewujudkan apa yang diinginkannya. Keteguhannya itu lah yang membuat Apple jadi
perusahaan yang kokoh.
Dalam buku biografi Steve Jobs lainnya juga banyak berbicara tentang membatasi dan memprioritaskan pengembangan produk. Hal itulah yang dilakukan Jobs ketika ia kembali ke Apple yang gagal. Dia tidak takut dalam membuat keputusan yang berisiko dan menghilangkan sebuah produk atau fitur yang tengah dikembangkan. Setelah fokus pada keputusan yang diambil. Eksekusi merupakan poin dari seluruh kesuksesan Apple. Perusahaan lain bisa memiliki ide dan visi yang sama dengan Apple, tetapi mereka tidak mendorong target ke arah visi atau membuat kompromi berdasarkan realitas komersial saat menghasilkan produk yang ternyata tidak berhasil dan tak laku di pasaran.
Jobs selalu memperbaiki strategi mengambil keputusannya dan eksekusi yang ia lakukan ketika karirnya berkembang. Tentunya setelah belajar dari beberapa kegagalan, tetapi ketabahan dan keteguhan hatinya selalu nomor satu. Tidak semua produk Apple awalnya sukses dan definisi produk yang sesungguhnya baru datang di masa jabatan kedua Jobs di Apple.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar